Alternatif Mesin Pencari Terbaik Selain Google

Pernah kepikiran ngga  temen-temen pembaca mengenai apa saja mesin pencari yang ada di jagat maya ini, tentunya selain google?
Yooo tidak bisa dipungkiri bahwa google is a thing, hampir semua kegiatan di dunia maya di support oleh google...
mau cari informasi sesuatu, buka google
mau translate bahasa buka google
mau nonton film buka google
mau ngeblog buka juga google
sampai layanan perpesanan elektronik pun buka google
ya nggak? ya nggak?
Kalo di Indonesia sih yang populer itu google 🙂
Namun, jika kamu butuh sudut pandang pencarian yang berbeda, ada alternatif mesin pencari lain yang bisa kamu pakai, meski di Indonesia nggak populer, tapi di negara asalnya mereka ini malah lebih populer daripada google 😂

Ini daftar Search Engine Alternatif Selain Google:

1. Bing
Ini adalah mesin pencari besutan dari microsoft, ini adalah pengembangan dari mesin pencari terdahulu bikinan microsoft yaitu msn search dan livesearch. Search Engine alternative kalo lagi bosen sama google, sangat friendly karena tampilan serupa dengan google , letak tombol link nya juga sama hehehe...


2. Yahoo
Mesin pencari yang sempat menjadi populer dan idola di jamannya, meskipun sekarang ni sudah tersalip dengan google, namun yahoo yang sempat moncer masih mencuri perhatian pengguna dalam mesin pencari terpopuler. Yahoo sendiri mulai populer dari tahun 1995, bisa di bilang mesin pencari veteeran kampiyun .


3. Baidu
Baidu ini adalah googlenya china, karena google sendiri ndak boleh masuk ke negara RRC. Baidu merupakan salah satu mesin pencari yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.  baidu menawarkan mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin.


4. Yandex
Ini adalah layanan search engine (dan juga mail) favoritku, yandex ini kalau aku bilang adalah googlenya rusia, Yandex memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen di negaranya sendiri dibandingkan Google sekitar 46 persen. Layanaj yang diberikan oleh yandex ini juga komplit layaknya google, ada yandex mail juga yang istimiewanya bisa di custom pake domain sendiri semacam GSuite tapi gratis. Sayangnya aturan-aturannya keras dan saklek mengikuti aturan russia, kalo menggunakan layanan itu otomatis harus setuju dengan peraturan dan legalitas di russia.


5. ASK
merupakan sebuah mesin pencari biasa yang berpura-pura beroperasi dengan pertanyaan dan jawaban, "whats your question?".  Search Engine ini ringan sih diakses tapi bisa jadi alternatif pencarian selain google.

6. DDG (Duck Duck Go)
Situs Mesin Pencari ini adalah yang populer kalo temen temen suka berselancar di "dunia hitam nan dalam nya internet" alias deep web, yang tidak ingin gerak geriknya dilacak. Yah Fitur utama yang dimiliki mesin pencari DuckDuckGo yaitu tidak menyimpan data , sehingga mereka tidak akan bisa melacak Anda atau memanipulasi hasil pencarian berdasarkan perilaku Anda, semacam google. So, Bagi Anda yang takut akan ‘kekuatan mata-mata’ Google, maka DuckDuckGo bisa menjadi pilihan bagi Anda. DDG bisa diakses secara biasa tanpa harus menggunakan format onion deepweb.


Baru itu saja sih yang pernah aku pake, cuman rasanya kurang familier aja dengan tampilan or hasil searchnya (padahal sama aja), maklum nih otak sudah keracunan google, apa apa kudu google 😂. Ya jadinya balik ke google...
Jadi kebayang, misalnya layanan google down, apa ndak jadi semrawut semua 😂, paniklah kita yang terbiasa dimanjakan sama eyang gugel.

Ada Search Engine Lainnya kah?
Yok Share di Kolom Komentar...

.

Posting Komentar

0 Komentar