Kejutan Akhir Tahun dari Google Local Guides

Pada bulan november 2018 lalu, ane menerima beberapa email dari google local guides, yang judulnya cukup menggelitik dan menarik untuk membukanya yaitu "Bonus Local Guide Hemat Rp 50.000 untuk biaya penginapan anda di airy kali berikutnya", lalu ada beberapa email lain yang judulnya juga semirip. Dan ane pun penasaran, ketika ismail ane buka, betapa terkenyutnya ane, dapat voucher promo diskon airyrooms, padahal ane jarang menginap di hotel. lalu membuka email lain dari google guide, taraa ane tambah terkejut karena isinya adalah voucher voucher promoan. yang satunya ane mendapat voucher diskon 50% untuk pemesanan bus melalui aplikasi redbus.


Total ane mendapatkan 4 kode voucher dari Google Local Guides:
2 Voucher Diskon 50ribu airyrooms,
2 voucher diskon 50% REDBUS
dan promo diskon itu baik airyrooms maupun redbus akan habis masa berlakunya di 31 Januari 2019.

emejing sekali, padahal ane ngga terlalu aktif di google guide, paling hanya waktu senggang aja iseng isi semacam kuisioner di google maps ato paling sekedar memberi reviews tentang lokasi-lokasi yang ane tahu. Baru ngeh juga ternyata, iseng-iseng reviews Google maps ada rewardnya. kirain cuman begitu-begitu doank. ane sempat googling tentang bonus dari google guides ini, ternyata bervarian jenisnya tidak hanya mengenai akomodasi travelling saja, ada yang mendapatkan voucher belanja di tokopedia, ada yang mendapatkan voucher kopi gratis dari otten kopi, dll.

emm.. dari tadi ane bahas google guides, apa sih itu? buat yang belum tau, nih nih nih .
Google guides adalah merupakan suatu komunitas global dari penjelajah yang memberikan reviews, berbagi foto dan vidio, membantu menjawab pertanyaan, mengusulkan tempat, mengedit tempat bahkan mencari fakta mengenai keberadaan suatu lokasi di google maps.
Setahu ane, google local guides di google maps ini, adalah pengganti dari layanan panoramio google yang dulu sih sempat populer namun berat diakses hehehe... Kalo Google Local Guides ane lebih senang menyebutnya kontribusi maps. ini ane bilang lebih simpel dan nyaman karena nggak perlu install aplikasi tambahan.
Fitur ini sudah tersemat langsung di aplikasi google maps. Ane sih awalnya cuman iseng aja karena kerjaan emang banyak yang terbilang ngukur aspal hahaha, lalu pas di lokasi tertentu di hp android ane muncul notifikasi popup dari google maps, "tahu lokasi ini?", ane klik dan iseng isi ulasan, eee jadinya malah setiap di lokasi yang pernah ane singgahi ane kasih komentar, pikirnya sih buat iseng aja ternyata baru tahu ada bonusnya.

Google Reviews ini menurut ane berguna juga lho selain kita sharing reviews mengenai suatu tempat sebagai referensi informasi bagi orang lain, kita sendiri mendapatkan ringkasan dan gambaran dari ulasan ulasan kontributor lain mengenai suatu tempat. Jadi misal kayak ane, mau pergi ke suatu rumah makan yang belum pernah ane kunjungi namun ane penasaran untuk mengunjunginya, nah disitu ane cari di maps, ane langsung baca-baca ulasan pengalaman dari kontributor lain. Disitu ane mendapat informasi seputar menu, harga, kenyamanan di lokasi dll. Nah, ada yang suka jalan-? yuk gabung jadi kontributor di google maps, bertukar informasi mengenai suatu lokasi.

Related Posts

4 komentar:

  1. Saya masih level 8, belum dapat penawaran atau reward apa-apa nih dari google guide. Biar bisa dapat reward harus level berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku itu random mas, kemarin saya mulai dapet voucher airy itu waktu level 6

      Hapus
  2. Saya juga ikut bang, dapet voucher jg tapi berkali-kali dapet ngga pernah digunakan sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama neh ternyata, ini kupon juga belum terpakai yang hotel

      Hapus