TAYO (Trans Yogya) Si Penjelajah Andalan dari Jogja Istimewa

Kota Jogja sebagai salah satu destinasi wisata favorit memang terus berbenah, baik dari segi infrastruktur maupun transportasi. Di bidang transportasi Yogya memilki sarana pemadu moda andalan yaitu Trans Jogja ane sih menyebutnya TAYO, yang hadir sejak tahun 2008 silam, waktu hadir perdana Transjogja hanya memiliki 3 Rute berkebalikan saja (1A 1B, 2A 2B dan 3A 3B saja) , dan muter-muternya hanya di  tengah kota & tidak blusukan. Armadanya dulu dominan menggunakan hyundai dengan body karoseri delima jaya atau trisakti dan dominan warna hijau kuning.

Sekarang ini Transjogja makin banyak modelnya ada yang tetap rute ada yang sistem koridor. Banyak jalur baru ternyata terus armada bus nya juga lebih bervariasi, masih baru kinyis kinyis, ada yang pakai nucleus biasa, ada yang pake new nucleus besutan karoseri laksana, bentuk bus nya unyu-unyu, kayak tahu kotak hehehe.. dan warnanya biru kayak TAYO hahaha
yang mesti AC nya masih adem banget.

Ini nih Penampakan bus Tayo tahu :)

Oiya di transjogja kini ada 2 sistem, sistem lama sistem jalur sistem ini bus rutenya merupakan loop line, misal dari jombor nanti muter kembali ke jombor lagi, dan memiliki armada kebalikan misal 5A dari jombor-jl magelang-jl adisucipto- seturan-concat-jombor, lalu armada kebalikannya adalah 5B dengan rute berkebalikan jombor-concat-seturan-jl adisucipto-jl magelang-jombor.
Armada Transjogja yang menggunakan sistem loop line:

  • 2A 2B & 5A 5B dari jombormania
  • 3A 3B & 4A 4B dari  giwangan
  • 1A 1B dari Bandara
  • 6A 6B sub Terminal ngabean

Lalu ada sistem koridor jalurnya berupa garis lurus saja seperti transjakarta gitu, tidak memilik armada kebalikan. Yang menggunakan model ini adalah

  • Jalur 7 Ngabean - Gamping
  • Jalur 8 Jombor-Demak Ijo-Giwangan
  • Jalur 9 Jombor- Jl Magelang - Giwangan
  • Jalur 10 Ngabean - Giwangan
  • Jalur 11 Condong Catur - Giwangan
Efek dari penambahan jalur ini kerasa banget lho, sangat membantu.

  • ane yang mau ke ngabean naik transjogja kalo dulu harus naik jalur 2A ntar turun transit di halte malioboro trus ganti 3A, sekarang enak, ga perlu ganti, langsungan saja naik jalur 9 dari jombor :D
  • dari jombor mau ke amplaz a.k.a mall ambarukmo plaza/ UPN veteran / Amikom / hartono mall yogya , kalo dulu naik 2B turun transit di condong catur, sekarang enak tinggal naik 5A sudah langsung sampai gak perlu ganti bis


Jangkauan dan layanan transjogja ini benar-benar sesuai dengan tagline baru mereka yaitu "Penjelajah Andalan", hampir semua daerah di jogja terjangkau oleh TJ, sampe blusukan jalan kecil kanan kiri sawah ckckckck...
semacam Jalur 6A dan 6B, jalur ane bilang istimewa ini, karena jalurnya blusukan ke daerah pinggiran kota, sampe jalan wates dan kasihan bantul, jalanan yang dilalui juga bukan jalan protokol, tapi jalan kabupaten gitu.
Mantab lah si penjelajah andalan ini..

Oiya, untuk saat ini, halte/shelter transjogja banyak yang berubah jadi portabel, hampir seperti di transsemarang tuh, dimana halte nya tidak ada yang jaga, tapi kamu tetep bisa naik, dan bayar di dalam bus, tapi pakai uang pas ya, biar nggak ngeribetin mas mbak onboard cari kembalian, kalau mau enak ya pakai kartu. dengan berubahnya halte jadi portabel, kamu ngga bisa transit di sembarang halte kayak dulu,kalo kamu transit di halte yg ga ada yang jaga, otomatis kamu kudu bayar / tap kartu lagi di armada bus nya. Halte Portabel itu halte berbentuk bangunan seperti halte pada umumnya tapi tidak ada yang jaga, kalo STP itu Shelter Tangga Portabel, halte transjogja ini berbentuk tangga biasa.



Ini pengalaman ane, kalo lagi bete bingung nggak ada kerjaan, biasanya muter-muter seharian pake TAYO. Kalo dulu bisa transit-transit seenaknya di halte asal gak turun gak perlu bayar lagi, kalo sekarang kudu teliti, kalo mau transit ya turun di halte yang ada petugas jaga nya, jadi gak bayar lagi.
Pernah aku keliling jogja sampe 5 jam haha (kurang kerjaan banget) dari jombor ikut 2B lalu ganti di banguntapan ganti 3B, lalu ganti lagi 3A ikut keliling sampe concat, ganti 1B sampe amplas lalu ganti 4A turun di xtsquare lalu ganti 2B lagi balik jombor
Keliling segitu lama cuman bayar Rp 1500 doank gegara promoan Flazz BCA
dan akhirnya kalo dilihat di map, jadi ruwet begini 😄
bener2 muterin jogja.

Ntar di postingan depan, ane kasih peta rute transjogja terbaru
buat contekan kalian yang mau klinong klinong pake TJ

DOWNLOAD PETA RUTE TRANSJOGJA TERBARU


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Sebelas tahun beroperasi, saya belum pernah naik si tayo, hehehe...
    Masih suka nyempil2 di depan tayo pake motor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew... sekali-sekali nyobain mas buat pengalaman aja 😄

      eh hati-hati kalo nyempil-nyempil depan tayo 😂

      Hapus
  2. Saya sekali naik Tayo (trans Yogya) saat ke Penambangan, asik juga. Next, kalau ke Yogya lagi mau nyoba rute lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Titis, thks sudah mampir...sekarang banyak mbak trayeknya makin blusukan.. makin jangkau sana sini 😃

      Hapus