Ukuran Satuan Jadul, Sejinah itu berapa?

Topik kali ini yang akan ane bahas adalah mengenal Kembali Istilah Kuno, Satuan yang umum di perdagangan, ya ide posting ini muncul gegara ane belanja di pasar tradisional, Ya pasar tradional yang identik dengan becek, umpel-umpelan dan kemruyuk hahaha....
Sebenarnya istilah ini sering ane gunakan sih, kalau pas kulakan bahan baku produk ane. Istilah ini masih sering dipakai di pasar tradisional di jawa tengah, khususnya jogja-solo dan kalo ane sih belanja ya di pasar muntilan.
Namun, tiba-tiba terlintas ide untuk menulis ini untuk mendokumentasikan istilah-istilah tersebut, mungkin saja temen-temen pembaca ada yang mau nostalgia atau malah belum tahu hehehe

Apa saja istilah satuan perhitungan kuno itu?

JINAH bukan zinah 
Jinah adalah satuan ukuran kuno, Sejinah alias 1 jinah, satuan ini merujuk untuk jumlah barang dagangan (takaran jumlah) bukan untuk nominal uang, so nggaada sejinah rupiah hahaha.. Sejinah kuwi setara dengan satuan selusin, sekodi, segross dan sebagainnya.
lalu, 1 jinah itu berapa?

Berapakah sejinah?

Kalo menurut yang ane tahu 1 jinah a.k.a sejinah itu adalah 10 Pieces. 

Namun, konon katanya kalo jaman dulu sejinah itu malah bukan 10, ini kalo menurut engkong emak ane. Sejinah itu jumlahnya sebelas. Nah ini yang ane bingung, kenapa bisa begitu.
Jadi, misal engkong engkong dulu nih kasusnya...
mereka beli gembus sejinah, dapatnya pasti 11 pieces, nah itu apakah aslinya sejinah 10 lalu dapat bonusan 1 gembus?
ataukah memang sejinah itu sebelas ane gak paham...
konon sejinah itu artinya "SEng siJI ora geNAH", jadi artinya "yang satu ngga tau", nah apa itu artinya 1 gembus tadi bonusan? jhahaha

Kalo dijaman sekarang, kalo ane beli tahu bilang sejinah, ya dapatnya asli 10 buahn ngga lebih ngga kurang hahaha... kemanakah yang 1 itu?

Lalu ada, istilah lain

karo tengah : 1,5
kapat tengah : 3,5
kanem tengah : 5,5
berok : 1 batok tempurung kelapa seperti se liter  beras/segayung minyak
1 gantang/segantang  sekitar 4,55 liter : 4 Cupak
1 Cupak : 4 Centong

Kalo itungan satuan uang,
Sak Endil : setengahnya Sen
Sak Benggol berupa uang recehan warna coklat tembaga : 2,5 sen
Sak Ron : 5 sen
1 Ketip : 10 sen
1 Gelo : 1 Rupiah
Sak Ringgit : ?
Sak Sen   : ?

ini nih yang ane masih bingung dengan istilah keuangan kuno soalnya ane nda ngalami, namun kalo belanja di embah embah, diajak ngomong pake istilah begituan ane cuman bisa plongah plongoh kayak kethek ditulup
ora mudeng tenan gaes..
(ada yang tau, bisa share di komentar ya)


Hitungan Satuan Panjang
1 hasto : adalah panjang dari siku hingga ujung jari
1 Dim : panjang  ibu jari jempol
1 Jengkal/ sekilan : panjang dari ujung jempol hingga ujung kelingking
1 Depa : panjang ukuran dari ujung jari hingga ujung jari lain dalam kedua lengan yang direntangkan

= update 13 Januari 2019=
Oiya baru inget, kalo di jogja/solo kamu mau beli kain batik, blang aja segandok buka sego endog tapi... itu biasanya lebih mursh jatohnya..
segandok itu artinya sepasang / 2 pcs

Yok share, kalo ada temen-temen yang ngerti istilah-istilah pengukuran jaman kuno jadul, bisa share dikomentar.
Nambah wawasan informasi, biar makin ngerti dengan budaya negeri kita hehehe,....

Related Posts

2 komentar: