Uniknya Desain Jenis Halte yang dipakai oleh Trans Jogja

Masih bercerita tentang uniknya kota Jogja, masih cerita juga mengenai si Tayo nya juga yang konon adalah penjelajah andalan.
Kali ini ane mau bahas mengenai Tipe - Tipe Halte atawa shelter yang digunakan oleh Transjogja.
Betewe, udah pada tau belum halte itu apa?
Menurut KBBI halte adalah Tempat perhentian bus atau halte bus atau shelter atau stopan bus (dari bahasa Inggrisnya bus stop) adalah tempat  pemberhentian kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.
Balik ke kasus, Trans Jogja menurut ane adalah perusahaan transportasi yang penuh dengan inovasi dan kekinian. Banyak hal yang unik-unik bisa ditemui di transjogja ini :D, salah satu nya adalah halte.

Yuk mari apa saja halte yang dipake di TJ:

  • Halte Permanen
    Disini halte permanen (tetap), halte ini berupa bangunan berbentuk kotak kecil yang bersifat tetap, biasanya halte permanen ini ada petugas jaga. Kalau dulu tahun 2008-2014 halte permanen pasti ada petugas jaga dan ada mesin tapper, kini ada beberapa halte permanen yang setara halte portable (tidak ada penjaganya)
  • Halte STP (Shelter Tangga Portabel)
    Halte ini berupa anak tangga yang terbuat dari plat besi nan simpel dan dapat dengan mudah dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Asiknya halte STP ini kalo pas panas tidak kehujanan dan kalo pas hujan tidak kepanasan.
  • Halte Semi Permanen
    Halte ini seperti halnya STP, namun bentuknya lebih futuristik dan unik, lebih sedap dipandang mata hehehe... halte semi permanen ini tidak ada petugas jaga. Kalo mau naik Transjogja bisa nyegat dari sini. lumayan teduh juga halte ini, karena ada kanopi penutup, kalo pas ujan gerimis lumayan terlindungi 
    dilengkapi lampu stopper bus, tapi aku ga tau cara pake nya 😂😂
  • Halte TransJogja Mobile
    yah sesuai namanya, halte ini dapat dipindah-pindah posisinya hanya dengan menariknya dengan truk. Oya, bentuk halte mobile ini adalah box yang ada rodanya (kalo gak salah jenis box ini adalah karavan) halte mobile ini fungsinya untuk keadaan darurat, misal shelter utama rusak atau ada pengalihan jalur. Untuk halte mobile ini ada petugas jaga dan ada mesin tapper.



Unik-Unik kan shelter / halte yang dipakai oleh transjogja.
Perlu Peta Jalur Trans Jogja Terbaru?
Silakan mampir ke artikel ini:

PETA RUTE BRT TRANS JOGJA TERBARU


Trans Jogja: How to Ride and Routes Cheat Sheet 2019Trans Jogja Bus routes, Bus times and schedule in YogyakartaTips Irit Keliling Yogyakarta dan Informasi Tarif Rute Bus Trans Jogja




Posting Komentar

3 Komentar

  1. menarik, kalau hujan ga kepanasan, kalau panas ya ga kehujanan, hahaha khusus halte STP

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya kan bang, kan ga ada penutup kalo pas terik matahari ngga kehujanan :D

      Hapus
  2. wah keren ya, dan halte memang diperlukan ya agar kendaraan umum gak berhenti sembarangan

    BalasHapus